Manfaat Madu untuk Masalah Kerontokan Rambut

madu

Madu adalah sebuah bahan alami yang ajaib karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh kita misalnya saja untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, memantu program diet sehat dan bahkan madu merupakan sebuah bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi permasalahan rambut rontok. Metode menggunakan madu ini mungkin dapat menjadi alternative bermanfaat yang ingin mengatasi rambut rontok tanpa harus menggunakan bahan bahan kimia.

Mengapa Madu Bermanfaat untuk Mengatasi Kerontokan Rambut?

Ada berbagai sebab mengapa seseorang mengalami masalah kerontokan rambut, salah satunya adalah akibat adanya mikroobba. Kita tahu bahwa rambut setiap hari banyak terpapar debu, panas dan mikroba sepanjang hari yang dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk hal ini, madu memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba yang akan menyelesaikan permasalahan ini. Ada beberapa ramuan dari madu yang dapat anda coba untuk mengatasi rambut rontok akibat mikroba ini. Ramuan ramuan tersebut adalah:

  1. Ramuan yang pertama adalah dengan menggunakan campuran madu murni dan dadih dengan takaran masing masing dua sendok makan.
  2. Ramuan kedua yang dapat anda coba adalah ramuan campuran dari madu dan jus lemon yang juga masing masing dua sendok makan banyaknya.
  3. Ramuan ketiga adalah campuran dua sendok makan madu dengan satu tetes minyak atsiri seperti minyak esensial tea tree, rosemary dan kamper. Minyak minyak atsiri ini merupakan yang terbaik untuk mengatasi kerontokan rambut karena sama dengan madu, minyak ini juga memiliki kandungan anti mikroba dan anti jamur. Namun, jika anda memilih menggunakan resep ketiga ini, anda harus berada di bawah bimbingan ahli untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin ada.

Anda dapat memilih satu dari tiga ramuan dari madu tersebut untuk membantu menghentikan rambut rontok. Sedangkan untuk pemakaiannya adalah dengan cara mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan. Setelah kering, anda dapat membilasnya hingga bersih.

Ramuan Madu untuk Rambut Rontok Karena Ketombe

Ketombe memang belum terbukti menjadi penyebab rambut rontok, namun ketombe dapat memperparah kerontokan ramut. Nah, jika anda mengalami permasalah rambut rontok dan ketombe, maka berikut adalah ramuan dengan campuran madu yang dapat anda coba:

  1. Madu – Jojoba Oil. Dengan takaran yang sama (misal jika anda menggunakan 2 sendok makan madu, maka jojoba oilnya pun harus 2 sendok makan) tambahkanlah beberapa tetes minyak essensial sandalwood, geranium atau lavender. Campurkan semua bahan bahan tersebut kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan pijat dengan menggunakan jari jari anda. sebaiknya pijat dengan perlahan dan hindari memijat terlalu kuat.
  2. Madu – Jus Bawang. Dapat dibilang bahwa ini adalah ramuan yang paling terkenal. Dua bahan ini pun harus memiliki takaran yang sama yang dapat anda sesuaikan sendiri dengan panjang dan tebal rambut. Caranya, haluskan bahan dan campurkan semua bahan kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan pijat perlahan. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. Jika anda tidak suka menggunakan bawang karena baunya yang mungkin sangat kuat, maka anda dapat menggantinya dengan jus lemon.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan madu yang dapat anda buat sendiri di rumah. Semua bahan bahan tersebut diatas sangatlah mudah untuk didapatkan sehingga anda dapat melakukan treatment sendir di rumah karena sangat alami dan efektif

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *