Pikirkan Hal Ini Sebelum Pilih Patner Bisnis

Demi bisa menggapai tujuan besar dalam berbisnis, tak sedikit orang yang memilih untuk menggandeng patner kerja untuk membangun usahanya. Hal ini dilakukan agar nantinya tantangan yang datang bisa lebih ringan dihadapi.

Walau begitu, memilih seseorang untuk menjadi patner bisnis tidaklah mudah. Jika tidak hati-hati, bukan keberhasilan yang akan diraup. Konflik dan kerugian dalam jumlah besar bisa datang pada Anda.

Berikut enam hal yang harus menjadi pertimbangan Anda jika berbisnis melansir Entrepreneur.com, Selasa (31/1/2017)

1. Kepercayaan

Ini merupakan faktor utama yang mendasari pilihan yang akan Anda buat. Anda harus bisa menaruh kepercayaan besar dengan rekan bisnis Anda nantinya. Jika ini tidak bisa Anda lakukan, akan lebih baik apabila Anda mengurungkan niat untuk berbisnis dengan orang tersebut.

2. Kepribadian

Jika orang yang ingin Anda pilih merupakan teman yang baik, maka pastikan bahwa tujuan hidup, nilai dan tanggung jawab yang dimilikinya juga sama dengan Anda. Jangan berasumsi bahwa apabila mereka merupakan teman yang baik maka sudah pasti semuanya akan lancar. Anda harus bisa melihat kepribadian mereka lebih jauh.

3. Punya kemampuan berbeda

Akan sangat baik bagi kemajuan bisnis Anda apabila Anda dan rekan bisnis memiliki kemampuan yan berbeda. Selain bisa membuat pekerjaan Anda lebih mudah, hal ini pun akan menjadi pondasi kuat bisnis Anda nantinya.

4. Keuangan

Sama halnya seperti pernikahan, masalah keuangan juga bisa menjadi masalah terbesar dalam berbisnis. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bagaimana Anda dan rekan bisnis membagi urusan keuangan nantinya.

5. Pengalaman

Selain kemampuan, pengalaman kerja pun berperan penting dalam keberhasilan bisnis Anda. Pastikan, sebelum memulai bisnis bersama, rekan kerja Anda memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Ini akan sangat membantu Anda kelak apabila menghadapi persoalan dalam berbisnis.

6. Kontrak kerja

Anda dan rekan bisnis harus memiliki kontrak kerja yang jelas. Kontrak kerja ini membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan nantinya. Jangan sampai ketika sudah mulai berbisnis Anda justru memiliki pekerjaan yang tumpah tindih satu sama lain. Hal ini justru hanya akan membuat usaha Anda tidak efektif.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *