Batik Tradisional vs Batik Modern

Batik tradisional vs Batik Modern – Seni membatik adalah sebuah karya budaya bangsa yang sangat mengagumkan dan perlu dilestarikan. Dari hasil seni inilah tercipta berbagai motif kain batik yang saat ini telah dipakai oleh banyak orang, baik kalangan dewasa maupun kalangan muda. Saat ini kain batik telah berkembang dengan banyak motif dan disesuaikan dengan berbagai aneka model baju batik yang lebih modern.

Saat ini di pasaran banyak sekali kita temui berbagai macam jenis batik baik itu tradisional maupun batik modern, cara membedakan antara batik tradisional dan batik modern :

Batik Tradisional

Batik yang susunan motifnya terikat oleh suatu aturan tertentu dengan aksen-aksen tertentu. Oleh karena itu dalam pembuatannya pun banyak aturan-aturan harus dipatuhi. Batik tradisional juga merupakan sebuah seni dengan membuat garis serta titik yang kemudian membentuk motif yang pembuatannya terikat dengan kata lain harus sesuai dengan aturan yang sudah buka.

Dalam pengerjaan batik tradisional akan lebih sulit dan juga memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan membuat batik modern. Oleh karena itu batik tradisional cenderung memiliki sisi estetika yang lebih tinggi dan cenderung memiliki harga yang lebih mahal .

Batik Modern

Batik yang susunan motifnya tidak terikat atau cenderung lebih fleksible oleh suatu aturan tertentu dengan aksen-aksen tertentu atau batik yang motif dan gayanya tidak seperti batik tradisional.

Batik modern lebih menonjolkan sisi estetika keindahan yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan juga model baju yang lebih masa kini. Batik modern akan lebih mudah didapatkan di pasaran bila dibandingkan dengan batik tradisional. Dalam hal harga batik modern memiliki harga yang lebih murah daripada batik tradisional.

Batik Modern

Didalam ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang mencolok dalam hal pengerjaannya. batik tradisional cenderung memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan memang batik tradisional memiliki harga yang lebih mahal dipasaran.

Saat ini banyak aneka batik tradisional yang dikemas dengan cara modern seperti berbagai macam kemeja batik pria, blouse wanita dan bermacam model batik lainnya.

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *