Konsumsi Makanan Ini untuk Melancarkan BAB Secara Alami

Konsumsi Makanan Ini untuk Melancarkan BAB Secara Alami – Sulit buang air besar atau BAB tentunya akan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan menggunakan cara alami untuk melancarkan BAB sebelum menggunakan obat.

Susah BAB biasanya ditandai dengan aktivitas BAB kurang dari tiga kali dalam satu minggu diserta dengan tekstur tinja yang lebih kecil dari biasanya, kering dan juga keras sehingga akan menimbulkan rasa sakit.

Cara melancarkan BAB secara alami yang tepat yaitu dengan mencukupi kebutuhan asupan serat dari makanan yang dikonsumsi sehingga proses BAB akan menjadi lebih mudah dan tidak sakit. Diperlukan sekitar 25-30 gram serat per hari untuk memenuhi asupan serat.

Beberapa makanan kaya akan serat yang mampu membantu melancarkan BAB secara alami yaitu :

Sayur-sayuran. Sayuran yang paling tepat untuk melancarkan BAB yaitu brokoli karena dalam 1/2 cangkir brokoli terdapat 2,8 gram serat dan vitamin C.

Buah-buahan. Rasberi merupakan buah yang baik untuk melancarkan BAB karena mengandung sekitar 8 gram serat dalam setiap dua ratus gram yang mampu membantu melancarkan BAB. Selain itu apel dan pir juga bisa membantu melancarkan BAB.

Kacang-kacangan. Kandungan serat pada kacang lebih banyak dari pada makanan lain. Satu cangkir kacang mengandung 10 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang mampu mendukung garakan usus menjadi lebih lancar.

Biji-bijian utuh. Sereal dan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh serta beras merah mampu memperlancar proses BAB karena makanan tersebut tinggi serat dan karbohidrat kompleks sekaligus rendah lemak.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *