Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Sejak Dini

Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Sejak Dini – Kolesterol memang tersebar dibeberapa bagian tubuh tertentu pada manusia misalnya seperti di kulit otot, otak, saraf dan juga jantung. Namun kolesterol yang terlampau tinggi tidaklah bagi kesehatan. Kolesterol harus tetap dalam keadaan normal.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi dimana tubuh memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi berbahaya dalam tubuh. Biasanya kolesterol tinggi ini tidak disadari oleh penderitanya. Mereka telat menyadari saat kadar kolesterol mereka sudah terlampau tinggi.

Penyakit yang bisa timbul akibat kolesterol tinggi antara lain stroke, penggumpalan darah dan serangan jatung. Jumlah kolesterol normal yang aman yaitu dibawah 200 mg/dL. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa dideteksi saat seseorang terkena kolesterol tinggi :

  1. Sering mual dan muntah. Mual dan muntah yang terjadi akibat gangguan saluran pencernaan. Penyakit kolesterol tinggi menyebabkan terjadinya gangguan saluran pencernaan sehingga berdampak sering mual dan muntah.
  2. Kesemutan. Sering kesemutan juga bisa menandakan jika orang tersebut terkena kolesterol tinggi. Segeralah lakukan pemeriksaan jika sering kesemutan.
  3. Nyeri leher dan punggung. Kondisi ini timbul akibat tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan sehingga leher dan punggung merasa nyeri.
  4. Sakit pada kaki dan tangan. Bukan hanya nyeri punggung dan leher namun kaki dan tangan pun akan merasa sakit jika mengalami kolesterol tinggi.
  5. Tubuh mudah lelah. Kekurangan pasokan aliran darah dan oksigen dapat menimbulkan tubuh menjadi lemah dan mudah lelah.
  6. Sakit kepala. Biasanya orang yang sering sakit kepala menderita hipertensi karena kondisi tekanan darahnya sudah sangat tinggi.
  7. Sulit bernafas. Bukan hanya orang penderita asma saja yang sering sulit bernafas namun penderita kolesterol tinggi pun bisa mengalaminya.
  8. Nyeri dada. Jika sering mengalami kondisi seperti ini segeralah lakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum terlambat.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *