Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba – Pancaroba atau Pergantian musim seringkali menyebabkan banyak orang dewasa hingga anak anak jatuh sakit. Pada musim ini jika tubuh memang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka pasti akan mudah terserang penyakit, terlebih lagi untuk anak anak. mereka akan dengan mudah terserang berbagai penyakit seperti misalnya batuk, flu dan demam. Oleh karena itu, sebagai orang tua pasti kita harus menjaga dan memiliki trik sedemikian rupa agar anak senantiasa sehat. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan andak di musim pancaroba yang dapat anda coba.
tips menjaga kesehatan anak
Ajari Anak untuk Hidup Bersih
Tak bisa dipungkiri bahwa hidup sehat merupakan cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengajarkan pada anak agar mereka senantiasa menjaga kebersihan tubuh. Hal ini karena anak anak biasanya sangat tidak perduli akan kebersihan tubuh mereka setelah bermain dengan teman temannya diluar rumah atau setelah melakukan kegiatan yang lainnya. Minimal, ajarkan kepada anak anak untuk sellau mencuci tangan dengan sabun sebelum mereka makan,
Mencukupi Asupan Nutrisi Anak
tips menjaga kesehatan makan sayur dan buah
Tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba selanjutnya adalah dengan selalu mencukupi anak dengan makanan bergizi dan bernutrisi. Dengan nutrisi yang cukup setiap harinya, maka daya tahan tubuh anak pun akan selalu baik, sehingga dirinya tidak akan terserang penyakit. Setiap hari, usahakan untuk selalu memberikan anak makanan yang seimbang yang terdiri dari sayur, buah, karbohidrat serta lemak. Mudahnya, berikanlah mereka makanan dan minuman sesuai dengan konsep 4 sehat 5 sempurna.
Memberikan Multivitamin Jika dibutuhkan
Jika dibutuhkan, anda dapat memberikan multivitamin tambahan untuk anak. sebaiknya, anda memilih multivitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Ini merupakan tips menjaga kesehatan anak yang juga tak kalah pentingnya. Multivitamin seperti ini akan membantu untuk menjaga kesehatan anak, khususnya pada musim pancaroa seperti sekarang ini.
Memberikan Anak Istirahat yang Cukup
tips menjaga kesehatan anak tidur cukup
Selain faktor makanan dan kebersihan serta vitamin, jangan lupa pula untuk memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak anak kita. Terkadang, anak lupa untuk beristirahat karena terlalu asyik bermain dengan teman temannya. Oleh karena itu, sebagai orang tua, jangan lupa untuk slelau mengingatkan anak untuk beristirahat ketika sudah waktunya, misalnya seperti saat tidur siang. Tahukah anda, faktanya waktu istirahat yang kurang dapat membuat daya tahan tubuh anak menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, tips menjaga kesehatan anak yang satu ini harus anda lakukan.
Menggunakan Peralatan yang Bersih
Tips menjaga kesehatan anak yang satu ini pun tak kalah bersihnya. Usahakan untuk selalu mencuci peralatan anak denagn sabun anti bakteri sehingga kebersihannya selalu terjaga. Selain menjaga kebersihan peralatan makan pada anak, akan lebih baik pula jika anda selalu menjaga kebersihan makanan anak. usahakan untuk selalu mencuci bahan bahan makanan anak sebelum dimasak. Makanan yang tidak bersih akan menimbulkan penyakit, khususnya pada sistem pencernaan anak. oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita mencegah daripada mengobati.
Itulah tadi beberapa tips menjaga kesehatan anak yang dapat anda lakukan, khususnya pada musim pancaroba. Kesehatan adalah harta yang berharga, oleh karena itu sebagai orang tua kita wajib menjaganya untuk anak anak kita agar mereka selalu ceria.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *