4 Makanan yang Baik Untuk Diet namun Tetap Mengenyangkan

makanan diet
Makanan Mengenyangkan yang Baik untuk Diet- Jika anda sedang diet, maka salah satu tantangan yang paling sulit adalah mungkin mengendalikan rasa lapar yang seringkali muncul. Seperti yang kita tahu bahwa lapar adalah sebuah hal atau reaksi yang sangat alami dan wajar. Namun ternyata, tidak semua makanan dapat memuaskan rasa lapar dan menghilangkan rasa lapar yang kita miliki.
Baru-baru ini, peneliti mengungkapkan bahwa ada kaitan antara jenis makanan yang dikonsumsi dengan berapa lama orang tersebut akan merasa kenyang setelah makan. Nah, jika anda ingin merasa kenyangf dalam waktu yang lebih lama untuk kesehatan anda, maka dibawah ini ada 4 jenis makanan mengenyangkan yang sangat baik jika anda sedang dalam program diet. Berikut ini ulasannya dari berbagai sumber terpercaya yang telah kami rangkum.
1. Makanan Rendah Kalori
Yang pertama adalah makanan rendah kalori. Mengapa makanan dengan kalori rendah sangat baik untuk dikonsumsi? Hal ini karena makanan tersebut dapat mengisi luas ruang yang sama dengan perut kita. Kalori yang akan dihasilkan pun jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan makanan biasa. Salah seorang peneliti mengungkapkan bahwa hal ini dapat membuat “tubuh” merasa tertipu, dimanan tubuh sudah merasa telah makan banyak. Contoh dari makanan rendah kalori yang dapat anda konsumsi adalah buahbuahan dan juga sayur. Berbanding terbalik dengan hal ini, makanan yang memiliki kalori tinggi akan menghasilkan kalori yang lebih banyak walaupun dikonsumsi dengan porsi yang sama.
2. Makanan Tinggi Serat
Makanan mengenyangkan yang baik untuk diet dan kesehatan anda adalah makanan yang memiliki kandungan serat tyang tinggi. Makanan jenis ini akan mengenyangkan namun dengan cara yang berbeda dengan makanan rendah kalori. Makanan tinggi serat memiliki tekstur dan bentuk yang jika dikunyah dalam mulut akan mencegah rasa lapar muncul lebih cepat. Sleain itu, serat dalam sistem pencernaan kita juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.
3. Protein
Sebuah studi dari Jurnal Cell mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung protein tinggi dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama karena memiliki kemampuan untuk menghalangi sebuah sarah yang bernama mu-opioid receptor (MOR) yang terletak di dalam perut. Saraf inilah yang merupakan saraf dengan tugas untuk mengirimkan sinyal lapar kepada otak kita. Melalui saraf ini, tubuh dan otak akan berkoorsinasi mengenai kapan saatnya untuk makan dan kapan saatnya untuk nerhenti makan. Berbagai jenis makanan kaya protein yang dapat kita konsumsi adalah telur. Kacang-kacangan, daging, dan berbagai macam produk olahan dari susu. Namun kita harus ingat bahwa semuanya harus seimbang dan dalam porsi seimbang yang baik untuk diet.
4. Air
Air, merupakan sebuah alternatrif yang dapat anda coba saat sedang diet. Sebuah studi menunjukkan bahwa minum satu gelas air sebelum makan dapat membuat anda merasa lebih kenyang dan tentu saja hal ini dapat mebantu anda mengurangi porsi makanan anda. alasannya pun sederhana, yakni karena perut sudah terisi oleh air sehingga anda merasa kenyang. Namun, seorang ahli nutrisi berpendapat bahwa tubuh tidak mengidentifikasi air dengan cara yang sama saat makanan masuk ke dalam tubuh. Hal ini membuat efek kenyang yang akan ditimbulkan oleh air ini mungkin hanya akan berpengaruh sedikit saja dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *