Jajanan Tradisional Indonesia yang Menggelegar Rasanya

jajanan tradisional
Jajanan Tradisional Indonesia yang Menggelegar Rasanya- Jajanan tradisional masih tetap eksis diantara banyak makanan asing yang merajalela di bumi Indonesia. Makanankhas Indonesia yang memiliki rasa menggelegar tersebut tidak akan hilang karena masih banyak pecinta kuliner yang mencintai kelezatan rasanya. Banyak penjual kali lima ataupun tempat kuliner yang masih menjajakan jajanan tradisional. Nah, berikut akan mengulas jajanan tradisional Indonesia yang rasanya menggelegar.
1. Klepon
Bola-bola kecil yang khas bewarna hijau ini menjadi juga tampil bewarna-warni dan isi yang bisa dikreasikan. Hal ini sebagai bentuk pertahanan dalam perkembangan kuliner yang ada. Namun kelezatannya tidak akan berubah, rasanya tetap jempolan. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk kecil-kecilimut dan manis karena isinya gula merah. Permukaan kue klepon dibalut dengan parutan kelapa yang gurih sehingga dalam satu gigitan Anda akan merasakan manis dan gurih sekaligus.
2. Cenil
Jajanan tradisional ini memang terlihat centil dan juga menggoda karena berwarna-warni. Rasanya unik dan teksturnya kenyal, hal ini dikarenakan cenil terbuat dari tepung kanji, garam, dan air. Banyak di pasar tradisional yang masih menjajakan makanan tradisional ini karena banyak yang menyukainya. Cenil sangat nikmat saat disandingkan dengan kue lupis dan diberi sedikit cairan dari gula merah.
3. Onde-onde
Pernahkah Anda menghitung wijen yang tertempel dalam onde-onde? Wah tentunya sudah tidak sempat lagi, ya. Ketika melihat onde-onde tentunya ingin langsung melahapnya karena memang enak dan enggelegar rasanya. Tampilan dari jajanan tradisional ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri, lalu isinya kacang hijau yang mengandung banyak gizi dan manfaat untuk kesehatan. Namun untuk saat ini Anda bisa menemui kreasi-kreasi onde-onde yang beraneka ragam isi misalnya isi umbi, ataupun yang lainnya.
4. Combro
Banyak jajanan tradisional yang memiliki rasa manis, akan tetapi ada juga yang memiliki rasa gurih sekaligus pedas. Combro merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari singkong yang diparut dan dibagian dalam combro terdapat isian dari sambal oncom yang begitu pedas. Luaran combro memang terasa begitu gurih akan tetapi ketika Anda menggigit pada bagian dalamnya akan mendapatkan rasa pedas yang begitu menggelegar. Makanan tradisional ini akan sangat cocok dinikmati pada pagi hari dan disandingkan dengan kopi hitam yang sangat nikmat.
5. Nagasari
Jajanan tradisional ini memiliki perbaduan antara rasa gurih dengan manis. Nagasari terbuat dari tepung beras, santan, gula,tepung sagu, dan tenyunya pisang. Biasanya jajanan tradisional disajikan saat ada acara tertentu misalnya untuk syukuran, pernikahan, dan lainnya.
6. Kue lemper
Kue lemper memiliki rasa yang khas, kue tradisional ini tidak terlepas dari bungkusan daun pisang yang terlihat begitu menarik. Kue ketan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian luar dan bagian isi yang komponennya memiliki keunggulan dan cita rasa yang kental. Bagian luar kue lemper ini terbuat dari ketan dan bagian isi terbuat dari abon ayam ataupun suwiran ayam yang begitu lezat.
7. Kue Lapis
Kue lapis terbuat dari tepung beras, santan, tepung kanji,garam, gula pasir, dan juga pewarna makanan. Kue ini memang disusun dengan warna yang berlapis-lapis dengan susunan yang teratur dan membentuk suatu pola yang indah. Susunan warnanya bisa 2 warna ataupun lebih sehingga akan memunculkan ketertarikan sendiri bagi penikmat kue tradisional.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *