Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Berkualitas

Tips Mengatasi Insomnia

Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Berkualitas – Tidur adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuh, sekurangnya 8 jam per hari. Kurang tidur ataupun tidak mendapatkan tidur yang berkualitas tidak baik untuk kesehatan. Seseorang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Mungkin bagi sebagian orang, tidur merupakan hal yang mudah untuk dilakukan namun beberapa orang ada yang kesulitan untuk memulai tidur berkualitas mereka atau sering disebut dengan Insomnia.

Insomnia merupakan gangguan susah tidur malam. Siklus tidur orang yang mengalami insomnia tidak beraturan. Penyebab gangguan susah tidur ini diantaranya adalah depresi, gangguan jiwa, stress atau kekhawatiran yang berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan.

Beberapa cara mengatasi insomnia :

  1. Berolah raga teratur

Olah raga dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan di pagi hari. Dengan berolah raga, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan baik.

      2. Kurangi Cahaya Berlebih

Sekitar 40% penduduk Amerika Serikat mengalami susah tidur akibat cahaya lampu berlebih. Survey juga menyebutkan bahwa 10% orang yang tidur dengan lampu menyala lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

      3. Pilih Kasur yang Sesuai

Pastikan kasur yang digunakan nyaman untuk tidur, memilih kasur yang nyaman juga berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Kausr yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur, tapi juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

      4. Alat Elektronik

Sekarang ini banyak sekali orang yang membawa gadget mereka pada saat tidur. Penggunaan alat elektronik seperti Handphone sebelum tidur dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Walaupun sudah dimatikan, terkadang cahaya lampu dari ponsel membuat kita ingin memeinkannya hingga lupa waktu.

      5. Jangan Makan Sebelum Tidur

Batas makan malam yang baik adalah 60 menit sebelum tidur. Ketika makanan yang di konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan aktif mencerna makanan tersebut, sehingga sebaiknya hindari makan tepat sebelum tidur. Jika sebelum tidur perut terasa lapar sebaiknya ganti dengan mengkonsumsi 4 gelas air putih saja.

      6. Jaga Kerapian

Jangan sepelekan kerapian kamar, karena menurut ahli dari University of Harvard kamar yang berantakan membuat seseorang mengalami insomnia sebesar 25% dari pada masyarakat umumnya. Oleh karena itu, menghilangkan insomnia dapat dilakukan dengan cara merapikan kamar tidur.

Insomnia dapat terjadi kapanpun dan oleh siapapun, usahakan mengikuti tips-tips diatas agar terhindar dari penyakit insomnia.

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *