Kuliner Indonesia yang Wajib dicoba Para Wisatawan

Kuliner Indonesia yang wajib dicoba para wisatawan
Indonesia memiliki budaya yang beragam sekaligus makanan-makanan yang bisa membuat lidah kian bergoyang. Tiap daerah di Indonesia tentunya memiliki makanan khas yang berbeda-beda dan semuanya pasti memiliki beragam rasa. Bagi para wisatawan asing atau domestik saat ke daerah-daerah tentu diharuskan dan wajib untuk mencicipi makanan khasnya. Nah, berikut ada beberapa kuliner Indonesia yang wajib dicoba para wisatawan.
Yuk cicipi kuliner khas Indonesia
Bagi orang Indonesia tentu harus bangga dengan ragam budaya dan tentunya dengan kuliner yang membuat ketagiahan. Banyak kuliner yang sudah di mendunia dan banyak pula makanan yang sudah melekat kental sebagai makanan khas Indonesia. Berikut adalah kuliner Indonesia yang wajib dicoba para wisatawan.
1. Gado-gado
Gado-gado merupakan kuliner khas Jawa yang sudah terkenal dengan bumbu kacang kental yang nikmat. Makanan ini perlu dicoba para wisatawan negeri ataupun mancanegara karena memiliki banyak kandungan gizi karena terdiri atas beberapa macam sayuran. Bila Anda wisata ke Jawa jjangan melewatkan makanan ini karena ada banyak ilmu yang akan kita dapatkan setelah makanan makanan ini. Ilmu apa itu? Anda tentu akan lebih mengerti makanan yang berupa sayur lengkap seperti tauge, bayam, kacang-panjang, tahu, tempe dan saus kacang. Namun ada satu hal lagi, Anda tentu akan terinspirasi untuk lebih banyak makan sayur dengan cara nikmat dan bisa dibuat sebagai makanan diet.
2. Pempek
Apabila Anda sedang berwisata ke Palembang sebaiknya mampir untuk mencicipi makanan paling kece dan rasanya tentu akan memanjakan lidah Anda. Pempek sudah sangat terkenal bahkan sudah banyak depot yang menjual makanan berkuah asam manis sekaligus pedas ini. Makanan ini terbuat dari ikan dan dicampur dengan tepung sagu. Pempek memiliki variasi yang tentunya memiliki keunikan dan kenikmatan yang tidak terkalahkan. Anda dapat mencoba variasi pempek seperti pempek kapal selam, pempek kulit, pempek tahu, pempek lenggang, pempek lenjer, pempek pistel, dan masih banyak yang lain. Saus yang ciamik akan menyelimuti pempek biasanya dinamakan cuko . Selain itu sajaiannya memang lebih nikmat ketika diberi irisan mentimun dan mie kuning. Rasanya sudah sangat kompleks dari mulai asin, asam, pedas, manis, gurih sehingga lidah akan terasa meledak ketika memakannya, dan tentunya Anda akan ketagihan.
3. Rendang
Barangkali Anda sudah tidak asing lagi dengan masakan ini karena sudah sangat terkenal di dunia dan memang menjadi makanan paling enak di dunia. Kuliner ini berasal dari Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Makanan ini sangat nikmat saat disajikan dengan nasi panas sehingga rasanya makin menguat. Perlu Anda ketahui bahwa makanan ini berasal dari daging sapi dan rempah-rempah khas Indonesia. Rempah dan santan kelapa yang kental emang enjadi kenikmatan yang tiada duanya lagi.
4. Rawon
Makanan yang memiliki warna khas hitam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta kuliner. Warna yang menarik tersebut memang akan menggugah selera sejak kali pertama melihat. Kuliner ini berasal dari Jawa Timur, akan tetapi beberapa tempat di Indonesia sudah menjajakannya dengan rasa yang tetap unggul. Mengapa rawon memiliki warna hitam yang eksotis? Ternyata warna hitam yang ada di rawon berasal dari rempah kluwek yang sangat khas. Komponen utama dari rawon sendiri ialah daging sapi dan kuah hitam yang khas.
Itulah makanan yang rekomended sekali untuk Anda, selamat mencoba kenikmatannya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *