Say No to Valentine !!!

Say No to Valentine

Say No to Valentine !!! – Valentine’s day atau hari kasih sayang biasa dirayakan setiap tanggal 14 februari. Valentine’s day bermula dari kepercayaan Eropa yang menyebutkan bahwa cinta burung jantan dan betina mulai bersemi pada tanggal 14 februari. Burung-burung tersebut memilih pasangannya pada hari itu, dari kepercayaan kuno itu maka para pemuda pemudi dianjurkan untuk memilih pasangannya di hari yang sama seperti berseminya cinta burung jantan dan betina. Namun ada versi lain mengenai awal mula valentine’s day, orang-orang Romawi kuno biasa melakukan pesta pensucian yang disebut Lupercalia. Upacara khusus untuk mengenang dan mengagungkan dewi cinta (Queen of Feverish Love) yang bernama Juno Februata.

Valentine’s day jelas bukan kebudayaan Indonesia. Ini juga merupakan kebiasaan yang dilakukan orang Yahudi. Kita sebagai umat muslim wajib untuk tidak mengikuti kebudayaan tersebut. Untuk kita umat muslim, hari kasih sayang itu setiap hari bukan pada saat-saat tertentu saja. Namun, banyak para remaja di Indonesia, menunggu hari valentine untuk merayakannya bersama kekasih maupun teman. Gaya hidup barat yang masuk ke Indonesia mengikis tingkat keimanan para remaja. Mereka merayakan valentine’s day dengan berbagai cara baik bertukar kado valentine, mengucapkan selamat hari kasih sayang, membagikan coklat dan menyemarakkan suasana valentine setiap tahunnya.

Valentine’s day dan natal sama-sama merupakan ritual agama milik umat nasrani. Sehingga seharusnya kita tidak ikut serta merayakan perayaan valentine, haram hukumnya ikut melaksanakan perayaan tersebut. “Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut” itulah bunyi hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Memberi ucapan selamat juga diharamkan karena sama saja dengan memberi selamat atas perbuatan menyekutukan Allah.

Valentine’s day bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Dalam perayaan valentine’s day cinta hanya dihargai sebatas coklat, bunga mawar, greeting card, dll. Kasih sayang bisa dilakukan setiap hari bukan hanya pada tanggal 14 Februari saja. Kita diperintahkan untuk menyebarkan kasih sayang setiap saat kepada seluruh manusia dan makhluk ciptaan Allah.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *